Senin, 20 Mei 2013

Review FIFA 13


FIFA 13 adalah Game tahunan keluaran EA Sport ini memang sudah terkenal sangat bagus dan mendapatkan perhatian lebih dari para gamer. Namun yang jadi pertanyaan apakah game tahun ini akan lebih bagus dari game FIFA sebelumnya, FIFA 12? Sama saja atau lebih buruk?

Gameplay

Untuk gameplay, saya akan coba mulai dari kontrol. Sejauh ini kontrol yang dihadirkan oleh FIFA 13 sangat realistis. Baik itu dari merebut bola, dribling, dan gerakan lainnya. Jadi gamer jika ingin merebut bola, lakukanlah dengan tepat. Karena jika tidak tepat, lawan akan bergerak lebih leluasa. Selain itu juga arah gerak pemain benar-benar bebas sesuai dengan kontroler kita. Jika arah kita ke atas, maka pemain akan ikut ke atas, tidak mengikuti bola.
Dalam memainkan game ini kita harus benar-benar fokus dan hati-hati dalam menggerakan gamepad kita, karena semua gerakan diatur oleh kita alias ‘Complete Controls’.


Gerakan lain yang menarik disini adalah celebrations. Kita bisa melakukan selebrasi sesuai dengan keinginan kita. Setelah mencetak gol, kita masih bisa mengontrol pemain kita dan berlari melakukan selebrasi sampai teman-teman satu tim menghampirinya. Ada banyak jenis selebrasi yang bisa dilakukan oleh gamer di FIFA 13, dan hal ini membuat pertandingan menjadi tidak monoton alias lebih variatif.


Grafis

Game ini merupakan game sepak bola yang memiliki kualitas grafis yang paling mantap selama ini. Detail dari pemain benar-benar sangat mirip, walaupun ada sebagian kecil yang tidak mirip. Lekukan baju dari pemain pun terasa sangat realistis, baik itu ketika cuaca cerah maupun hujan. Walaupun semua lekukan setiap pemain sama, tapi hal ini tidak mengurangi kerealistisannya.

 Detail bukan hanya di pemain saja, tetapi juga lingkungan juga memiliki kualitas grafis yang mantap. Dari pencahayaan dan atribut di dalam stadion sangat mantap. Tapi satu hal yang disayangkan disini, yaitu grafis penonton yang terlihat seperti gambar 8-bit. Jika dari jauh atau selama pertandingan, penonton ini akan terlihat real dan bagus. Tapi jika dilihat dari dekat atau ketika sedang ada cutscene pemain, akan nampak terlihat penonton yang gambarnya tidak detail.

Audio

Untuk audio dalam game ini terdengar bagus. Seperti backsound selama mengakses main menu (walaupun tidak diketahui judul lagunya tapi easy listening), suara teriakan supporter yang beragam sesuai dengan klub tuan rumah.
Namun ada satu hal yang menjadi nilai lebih dari game ini, commentary yang variatif. Sang komentator tidak hanya fokus pada pertandingan saja, di tengah-tengah pertandingan selama tidak ada momen yang krusial, sang komentator membicarakan klub masing-masing, baik membicarakan manajernya (jika bermain menggunakan Real Madrid, sang komentator akan membicarakan sang pelatih Jose Mourinho di tengah-tengah pertandingan) maupun klubnya.


berikut adalah contoh dari game FIFA 13:







kesimpulannya menurut saya FIFA 13 adalah game yang sangat sempurna untuk para gamers yang suka memainkan game sepakbola. karena dari segi grafis game ini lebih seperti real dibandingkan game sepak bola lainnya. memang masih ada beberapa kekurangan dalam game ini. salah satu contohnya ialah muka pemain yang tidak persis seperti aslinya, contoh pemainnya itu ialah Eden Hazard. tapi dari keseluruhan saya sangat menyukai game ini.

sumber: http://gamexeon.com/review/fifa-13-review/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar