Senin, 07 Januari 2013

aplikasi yang digunakan dalam membuat animasi "BLENDER"


Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan animasi
Disini saya akan membuat animasi dengan menggunakan aplikasi bernama blender. Mari kita lihat sejarah blender, hasil dari blender, kelebihan dan kelemahan blender

Sejarah Blender

Pada tahun 1988, Ton Roosendaal mendirikan Studi NeoGeo di Belanda dan dengan cepat berkembang menjadi studio animasi terbesar di Belanda. Pada saat itu Ton bertanggung jawab untuk mengarahkan unsur seni dan pengembangan software. Setelah dilakukan musyawarah, maka diputuskan bahwa program 3D yang sedang digunakan harus ditulis ulang dari awal, sehingga pada tahun 1995 program 3D tersebut dirancang-tulis kembali sebagai "Blender" yang kita kenal sekarang ini.
Kemudian pada tahun 1998, Ton mendirikan sebuah perusahaan baru yang disebut dengan "Not a Number" (NaN) yang bertujuan untuk memasarkan dan mengembangkan Blender lebih lanjut. Ruang lingkup bisnis NaN antara lain menyediakan produk-produk komersil serta layanan sekitar Blender.

Pada tahun 2000, NaN dibiayai oleh beberapa perusahan investor, tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan program gratis untuk konten 3D-interaktif  (on-line) dan program versi komersilnya. Namun sangat disayangkan pada awal tahun 2002 para perusahaan investor tersebut menutup operasi dan menghentikan pengembangan Blender. Kejadian tersebut tidak dengan mudah diterima oleh komunitas pengguna, mereka tidak menyetujui Blender menghilang dan terlupakan. 

Pada bulan Mei 2002, Ton Roosendaal memulai "Blender Foundation" sebuah yayasan nirlaba yang bertujuan untuk terus mengembangkan dan mempromosikan Blender sebagai proyek "open source". Pada bulan Juli 2002, Ton berhasil bekerjasama dengan investor NaN untuk mencoba membuka "source" Blender. Kampanye "Blender Gratis" berusaha mengumpulkan dana sebesar 100.000 EUR, sehingga investor NaN bersedia untuk membuka "Source" Blender. Hal yang mengejutkan adalah kampanye penggalangan dana tersebut berhasil mengumpulkan 100.000 EUR hanya dalam waktu tujuh minggu. 

Tanggal 13 Oktober 2002, Blender dirilis pertama kali dengan ketentuan GNU (General Public License). Sejak saat itu, pengembangan Blender terus dilakukan hingga saat ini dengan bantuan relawan-relawan dari seluruh penjuru dunia dibawah pimpinan Ton Roosendaal. Agar Blender dapat terus berkembang maka sebagai salah satu cara penggalangan dana, Blender Foundation memutuskan untuk membuat berbagai film pendek 3D, dengan menggunakan sumber daya manusia dari orang-orang yang tergabung dalam komunitas Blender di seluruh dunia.

                               

Hasil Games Blender
1.                  Open Game dengan judul "YoFrankie!" dirilis pada September 2008
2.                  September 2010, film pendek "Sintel" yang ditayangkan pada Netherland Film Festival dengan 450 kursi habis terjual.
3.                  Project Peach, dimulai pada April 2008 menghasilkan film berjudul "Big Buck Bunny"

                                Kelebihan Blender 3D
-                     Kelebihan umum: Opensource, gratis, multi platform, lebih ringan.
-                     Kelebihan spesifik:
1.  Sculpting mudah tanpa 3rd party (kalo di Max kan pake Zrbush);
2.  Bisa bikin game (ada engine game, pake python)
3.  Bisa video editing

                                Kekurangan Blender 3D
-                          UI yang tidak ramah
-                          Tidak ada plugin-plugin
-                          Tidak ada biped (rangka tulang untuk pergerakan)

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar