Minggu, 30 Januari 2011

KEHIDUPAN MASYARAKAT

Individu
Individu merupakan seorang manusia yang kompleks, yang dikenal sebagai mahluk yang berfikir,berbuat, dan dapat di didik serta manusia memiliki  kepribadian dan pola tingkah laku yang spesifik dalam dirinya. Individu sebagai manusia perseorangan , karena individu berarti bagian terkecil dari masyarakat.

Individu memiliki karakteristik yang berbeda dan sudut pandang yang berbeda dalam suatu kelompok individu. untuk menjadi pribadi yang sukses, perlu adanya proses pematangan hidup dalam dirinya di dalam suatu lingkungannya. Namun setiap lingkungan tidak hanya menjadi faktor pembentukan pribadi yang baik karena ada kalanya menjadi penghambat proses pembentukan pribadinya.

Individu tidak akan jelas identitasnya tanpa adanya suatu masyrakat yang menjadi latar belakang keberadaanya. Individu berusaha mengambil jarak dan memproses dirinya untuk membentuk perilakunya yang selaras dengan keadaan dan kebiasaan yang sesuai dengan perilaku yang telah ada pada dirinya.

Keluarga
Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.
Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab diantara individu tersebut
Ayah sebagai suami dari istri dan anak-anak, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.

Masyarakat
merupakan sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.  istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Kebudayaan Indonesia
Kebudayaan adalah cara hidup yang dimiliki bersama oleh seuatu kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Indonesia memiliki kekayaan dengan sumber daya alam dan sumber daya budaya yang melimpah. Kebudayaan itu sendiri dapat diartikan seluruh ciri khas Indonesia sebelum terbentuknya nasional Indonesia. Saya bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki banyak kekayaan di negeri saya. Namun tanpa kita sadari,dengan mengatakan bangga saja kurang. karena kita perlu menjaga dan melestarikan kebudayaan yang kita miliki.
 
 
SUMBER : http://evavoo.blogspot.com/2010/10/kehidupan-sosial.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar